Stuttgart, Kota dengan Tingkat Stres Terendah di Dunia

Stuttgart, Kota dengan Tingkat Stres Terendah di Dunia
Stuttgart City View

Sering kali kita memilih bepergian atau traveling baik di dalam maupun ke luar negeri hanya sekedar untuk melepaskan stres akibat pekerjaan atau hal lainnya. Dengan tujuan untuk menenangkan dan menyegarkan pikiran, tak jarang kita memilih tempat tujuan traveling yang jauh dari perkotaan karena perkotaan dianggap sebagai sumber munculnya segala macam stres. Namun bagaimana jika ada sebuah kota yang mempunyai tingkat stres yang rendah?

Dilansir dari The Local, adalah Stuttgart, sebuah kota di Jerman yang menurut penelitian terbaru minggu ini dinobatkan sebagai kota dengan tingkat stres terendah di dunia. Bersaing dengan 149 kota lainnya di seluruh dunia, kota yang merupakan tempat kelahiran Porsche dan Mercedes-Benz ini dinilai layak mendapatkan julukan kota dengan tingkat stres terendah karena berdasarkan penilaian yang telah dilakukan, Stuttgart mendapatkan nilai yang hampir sempurna untuk daya beli keluarga dan kesehatan mental warganya. Selain itu, Stuttgart juga mendapatkan nilai yang sempurna berdasarkan banyaknya ruang hijau yang disediakan untuk warganya.

Ruang hijau ada dimana-mana


Stuttgart adalah kota yang hijau - dan itu bukan hanya karena walikota setempat adalah anggota partai hijau Jerman "Die Grünen". Kota ini memiliki luas total 6.000 meter persegi taman dan area rekreasi, termasuk taman paling terkenal di kota Schlossgarten, The Castle Garden.

Schlossgarten juga merupakan bagian dari "Green U", yang di dalamnya terdapat taman seperti Rosenstein Park, Leibfriedscher Garden dan Killesberg Hill Park yang bergabung dan membentuk bentuk "U" jika dilihat dari atas Kota Stuttgart.


Sumber mata air yang berlimpah


Stuttgart memiliki 19 sumber mata air yang memompa 22 juta liter air mineral setiap harinya. Kota ini memiliki tiga pemandian air panas utama dan lebih banyak lagi pemandian air panas lainnya di sekitar kota. Pemandian air panas tersebut juga telah lama menjadi tempat favorit bagi warga setempat untuk berendam saat musim dingin.


Kota kecil dengan fasilitas yang serba lengkap dan dekat


Di pusat kota Stuttgart, semuanya dekat. Dengan penduduk sekitar 600.000 jiwa, kota ini masih tergolong sebagai kota yang kecil. Namun menjadi kota kecil juga merupakan sebuah keuntungan bagi Stuttgart dimana banyak lokasi di pusat kota berada dalam jarak yang dapat ditempuh hanya dengan berjalan kaki atau dengan transportasi umum berupa bus atau U-bahn.
Jika Anda perlu keluar dari lembah di mana pusat kota Stuttgart berada, Anda hanya memanfaatkan sistem transportasi umum yang andal dan naik ke bus atau kereta bawah tanah yang biasa disebut U-Bahn.


Suguhan pemandangan yang memukau


Stuttgart dikelilingi oleh lanskap yang indah. Warga yang ingin melakukan refreshing dari kehidupan kota bisa memilih dari beberapa lokasi untuk melepaskan penatnya. Schönbuch Nature Park di barat daya kota sangat cocok untuk dijadikan tempat hiking sembari menikmati keindahan alamnya berupa pemandangan hutannya yang lebat hingga aliran sungainya yang jernih.

Sungai Neckar mengalir melalui utara kota, dikelilingi oleh kebun-kebun anggur yang indah. Selain itu Pegunungan Alpen Swabia dan bahkan Hutan Hitam hanya berjarak satu jam perjalanan jauhnya. Semua area ini dapat dinikmati dengan cara berjalan kaki, naik sepeda, atau hanya duduk santai dan piknik di sana.

Mudahnya mendapatkan wine


Stuttgart juga merupakan sebuah kota anggur yang mana merupakan satu-satunya kota di Jerman yang memiliki 17,5 hektar kebun anggur. Saat berada di Stuttgart, dimana pun kita berada, kita dapat menemukan wine dan dimana pun ada wine, selalu ada festival baik dari skala kecil maupun besar.

Salah satu festival wine terbesar yang ada di Jerman juga berada di kota ini, yaitu "Stuttgart Wine Village." Festival ini sendiri diadakan di Old Palace pada awal bulan September dan dalam festival tersebut disajikan lebih dari 500 jenis wine yang berbeda dari Stuttgart.

Selain itu, kota ini juga dapat dibilang sebagai permata tersembunyi karena masih banyak tempat yang belum dieksplor, bahkan bagi warga lokal sendiri, selalu ada tempat baru untuk dijelajahi dan dijelajahi. Nah, apakah Stuttgart menjadi daftar perjalanan kamu selanjutnya?