Kita Sedang Menuju Ke "Planet Plastik"



Di jaman sekarang siapa sih yang nggak pernah manfaatin plastik? Ya, setiap orang pasti pernah manfaatin plastik, malah bisa dibilang kita tidak bisa lepas dari plastik. Bayangin aja, semua barang dan peralatan yang kita pakai hampir semuanya terbuat dari bahan plastik mulai dari tas belanja, handphone sampai kendaraan mayoritas. Tapi walaupun sangat bermanfaat, plastik ibarat pisau bermata dua, plastik juga bisa ngerugiin buat kita bahkan buat seluruh penghuni bumi.

Bayangin aja, karena ketergantungan kita sama plastik dan kurang merhatiin masalah daur ulang plastik, bisa dibilang sekarang ini kita lagi ngubur planet bumi pakai plastik. Penelitian terbaru juga mengatakan kalo 9 ton plastik udah diproduksi sejak 1950 dan mayoritas kini memenuhi tanah dan lautan.

Menurut pakar ekologi Roland Geyer, kita sedang menuju ke arah "Planet Plastik" dan kalo kita nggak mau tinggal di planet yang seperti itu, kita harus berpikir ulang mengenai cara menggunakan materi-materi tertentu seperti plastik. (BBC News, 19 Juli 2017)

Walaupun ada daur ulang, tapi nyatanya plastik yang nggak didaur ulang jauh lebih banyak. Plastik yang dibuang inilah yang bisa menjadi polusi. Satu-satunya cara buat ngilangin plastik yaitu harus dibakar, tapi kalo dibakar asapnya jadi polusi udara yang sama bahanya. Tapi lagi, kalo nggak dibakar plastik jadi polusi lingkungan, tanah dan lautan.

Tambah Geyer lagi, solusi yang paling efektif adalah mengubah ketergantungan kita dari plastik. Kita butuh pendekatan yang lebih besar dan berani. Peningkatan daur ulang nggak akan membantu. Harapannya adalah supaya lebih banyak lagi diskusi dan studi tentang penggunaan plastik di masa depan.

Lebih lengkap tentang bahaya plastik khususnya bahayanya buat lautan, kamu juga bisa nonton film dokumenter "A Plastic Ocean" yang bisa diliat trailer-nya di sini.