Kelezatan Nasi Grombyang Pemalang

Kelezatan Nasi Grombyang Pemalang
Nasi Grombyang (Sumber: tripadvisor.co.uk)

Pemalang merupakan sebuah kabupaten yang dilintasi oleh jalan pantura Jawa Tengah, lebih tepatnya Pemalang diapit oleh dua kota lain yang mungkin lebih dikenal masyarakat Indonesia yaitu Tegal dan Pekalongan. Sebagai kota yang berada di jalur pantura, Pemalang menjadi salah satu kota yang sering dijadikan sebagai tempat persinggahan sementara bagi siapapun yang kebetulan sedang melintasinya.

Sama seperti daerah lainnya, kabupaten yang mempunyai slogan "Pusere Jawa" ini juga mempunyai kuliner khas yaitu nasi grombyang yang wajib dicoba bagi siapapun yang sedang singgah di sana. Dinamakan grombyang karena cara penyajiannya yang menggunakan banyak kuah sehingga menu terlihat bergoyang-goyang atau dalam bahasa Pemalang disebut grombyang.

Nasi grombyang sendiri disajikan di dalam semangkuk kecil nasi dengan irisan daging dan sate kerbau atau sapi yang terpisah. Penikmat nasi grombyang ini juga dapat menambahkan daun bawang dan sambal yang telah disediakan sesuai selera. Dengan kuah yang banyak dan pekat, kuliner ini sangat enak rasanya untuk dihabiskan sampai dengan kuahnya. Untuk urusan rasa, grombyang memiliki perpaduan rasa khas Jawa Tengah yang gurih namun tidak terlalu manis.

Bagi yang ingin menikmati sajian khas ini, dapat dijumpai warung-warung yang berada di sekitar alun-alun Pemalang. Namun untuk warung grombyang yang paling terkenal adalah warung H. Warso di Jalan R.E. Martadinata dan H. Waridin di Sirandu dekat dengan terminal lama Pemalang. Bagi yang mau mencobanya langsung saja mampir ke sana jika melewati Pemalang.