Gunung Putri Lembang

Geger Bintang Matahari atau yang biasa dikenal dengan nama Gunung Putri saja merupakan salah satu tempat wisata berupa perbukitan di Lembang yang saat ini sedang naik daun. Berada di ketinggian 1.587 mdpl, Gunung Putri sangat digemari oleh para pecinta alam sebagai spot untuk berkemah. Dari atas puncaknya, pengunjung dapat melihat indahnya matahari terbit dan sisi lain Bandung dari ketinggian dengan latar belakang pemandangan pegunungan Bandung Utara yang mengelilinginya.

Selain pemandangan yang ditawarkan, tempat yang dikelola oleh Perum Perhutani RPH Lembang ini juga memiliki akses yang terbilang sangat mudah karena untuk menuju ke tempat ini tidak dibutuhkan terlalu banyak tenaga seperti jika sedang mendaki gunung pada umumnya.

Saat kami bermalam di Gunung Putri, sebelumnya kami diwajibkan untuk membayar tiket camping sebesar Rp 17.500 per kepala dengan menahan kartu tanda diri dari salah satu rombongan kami sebagai jaminan.

Dengan membayar tiket tersebut secara otomatis pengunjung akan mendapatkan asuransi jiwa dari Perhutani, sehingga untuk berjaga-jaga jika ada sesuatu yang tidak diinginkan saat di lokasi, sangat saya sarankan untuk menyimpan tiket tersebut hingga selesai camping.

Selanjutnya dengan membawa perlengkapan berkemah yang telah kami persiapkan sebelumnya, kami langsung memulai pendakian menuju Geger Bintang Matahari. Dengan melewati jalur berupa tangga tanah yang dihiasi oleh pepohonan pinus, kami sampai di area berkemah setelah sekitar 30 menit.

Istirahat sebentar, kami pun langsung mendirikan tenda karena waktu memang sudah menjelang malam. Segera setelah tenda berdiri langsung kami bagi tugas membuat api unggun dan memasak air untuk membuat kopi. Ditemani api unggun dan segelas kopi dengan suasana langit yang berbintang, kami larut dengan obrolan hingga tengah malam. Sampai tak terasa jam telah menunjukkan pukul 1 dini hari, kami memutuskan untuk beristirahat karena tidak ingin ketinggalan sunrise.

Camping Ground Gunung Putri Lembang

Keesokan harinya pada waktu sebelum subuh, kami mulai beranjak dari sleeping bag masing-masing untuk bersiap menunggu sunrise di tugu Geger Bintang Matahari. Bersama dengan pengunjung lainnya kami pun menunggu selama kurang lebih 1 jam. And, voilà! This is what we are waiting for, sunrise di Gunung Putri Lembang, sebuah karya indah tersembunyi dari Sang Pencipta.