Logo dan Fitur Baru Youtube Yang Harus Kita Tahu

Logo dan Fitur Baru Youtube Yang Harus Kita Tahu
Dok. Google

Youtube yang merupakan situs untuk menonton dan berbagi video milik Google kini telah berganti logo dengan desain yang baru. Pergantian logo itu saya sadari kemarin malam saat saya sedang membuka Youtube. Karena penasaran, saya pun mencari tahu tentang perubahan logo itu dan ternyata ada hal unik dari pergantian logo Youtube ini.

Seperti yang sudah kita tahu, Youtube sendiri mempunyai logo yang khas dengan tulisan "You" berwarna hitam dan "Tube" berwarna putih yang berada di dalam sebuah tabung berwarna merah. Namun ternyata tim Google maupun Youtube sendiri tidak mengetahui secara pasti arti dan maksud dari desain logo lama itu.

We have the word tube in a tube. This is weird. No one know what this is... (this change is) an evolution, not a revolution. (Christopher Bettig, Kepala Devisi Seni Youtube)

Dilansir dari The Verge, Bettig yang merupakan seorang Perancis dipercaya dan diberi tanggung jawab dalam perubahan logo baru ini dan dari kepemimpinan dialah akhirnya tercetus pemikiran untuk benar-benar mengeluarkan kata "Tube" dari tabung. Sehingga bisa dilihat bahwa sekarang teks "Youtube" dan tabung mempunyai tempatnya sendiri dengan penambahan tanda "play" di dalam tabung itu.

Selain perubahan logo, kedepannya Youtube juga akan menambah berbagai macam pembaruan yang di antaranya adalah penambahan "modus gelap" yang diharapkan sangat berguna bagi yang menonton video dalam kondisi ruangan gelap dan untuk versi smartphone, Youtube mengubah header tampilan yang mulanya berwarna merah menjadi putih sehingga kesan bersih pun dapat terasa di tampilan baru ini.

Masih dalam hal tampilan, Youtube juga akan menambahkan format video selain horisontal, yaitu vertikal dan persegi. Kelebihan dari fitur ini adalah, kita tidak akan lagi melihat bar hitam di samping video karena video itu akan ditampilkan secara fullscreen vertikal.

One of the things we all collectively hated was the black bars. (Bronstein, Wakil Presiden Devisi Produk)

Logo dan Fitur Baru Youtube Yang Harus Kita Tahu
Dok. Google

Dari sisi tampilan versi desktop sendiri, Youtube mengalami perubahan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun hingga sekarang. Bagaimana menurutmu tentang perubahan logo dan pemberian fitur baru di Youtube? Apakah lebih baik dari versi sebelumnya? Berikan tanggapanmu di kolom komentar.

Logo dan Fitur Baru Youtube Yang Harus Kita Tahu
Dok. Google