7 Persiapan Wajib Sebelum Mengunjungi Baduy

Sumber: ngehits.net

Suku yang tinggal di pedalaman wilayah Banten ini memiliki tradisi unik dari nenek moyangnya yang masih mereka pegang hingga hari ini. Di tengah kemajuan teknologi, suku Baduy (khususnya Baduy Dalam) masih menutup diri dan lebih memilih untuk hidup bersahaja bersama alam sekitarnya di pedalaman hutan lereng Gunung Halimun.

Tradisi yang unik itu tak jarang menarik minat para traveler untuk mengunjungi perkampungan suku Baduy tersebut. Kebanyakan traveler berkunjung ke Baduy atas dasar penasaran dan ingin mengetahui secara langsung kehidupan suku Baduy atau bahkan untuk mempelajari budayanya. Dengan berkunjung dan melihat kehidupan di Baduy kita juga dapat belajar untuk lebih bersyukur tentang apa yang kita miliki dan belajar untuk lebih menghargai alam ini.

Namun untuk mencapai ke perkampungan suku Baduy tidaklah mudah, diperlukan berbagai macam persiapan dan kelengkapan peralatan agar perjalanan yang kita lewati lebih nyaman. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin perlu kita siapkan sebelum mengunjungi Baduy:

1. Kondisi Badan


Untuk mencapai perkampungan suku Baduy yang hanya diperbolehkan dengan berjalan kaki dan ditambah dengan waktu perjalanan yang sangat panjang, sebisa mungkin kita harus bisa menjaga kondisi badan tetap sehat dan fit sebelum perjalanan. Bawalah perlengkapan pertolongan pertama jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan.

2. Teman Perjalanan


Mengunjungi Baduy merupakan pengalaman yang tidak terlupakan, sehingga lebih baik rasanya jika kita berbagi pengalaman tersebut dengan teman minimal dua orang. Tidak asyik rasanya jika kita mengunjungi Baduy hanya seorang diri. Selain itu, dengan membawa teman kita dapat membagi barang bawaan kita sehingga lebih ringan.

3. Perlengkapan Perjalanan


Selain kondisi badan yang sehat dan fit, perlengkapan-perlengkapan pendukung lain seperti sandal atau sepatu gunung hingga tas punggung juga perlu diperhatikan demi kenyamanan perjalanan kita. Usahakan juga untuk membawa barang bawaan seperlunya saja. Bawa juga jas hujan jika melakukan perjalanan saat musim hujan.

4. Bahan Logistik


Bahan-bahan logistik seperti beras, sayur dan lainnya harus diperhatikan karena tidak terdapat toko yang menjual bahan logistik di kawasan Baduy. Sehingga alangkah baiknya jika kita persiapkan semua kebutuhan logistik dari awal.

Sebaiknya kamu membawa ikan asin untuk diberikan kepada suku Baduy sebagai hadiah, konon mereka suka ikan asin.

5. Peralatan Outdoor


Tidak tersedianya penerangan listrik di sana membuat kita harus mempersiapkan alat penerangan pribadi seperti senter untuk penerangan pribadi jika sewaktu-waktu saat malam kita ingin pergi untuk sekedar membuang air.

Perlu diingat, di kawasan Baduy Dalam masih sangat alami sehingga untuk keperluan mandi dan membuang air dilakukan di sungai-sungai yang sudah ditentukan. Untuk dapat menikmati fasilitas MCK sebaiknya memilih untuk menginap di perkampungan Baduy Luar.


Selain penerangan, sleeping bag juga dirasa sangat perlu dibawa mengingat kita akan tidur di rumah tradisional mereka yang terbuat dari bambu dan angin sangat mudah masuk ke dalamnya.

6. Tour Guide Lokal


Sangat disarankan untuk meminta penduduk lokal yang biasanya warga Baduy Luar untuk mengantarkan kita menuju kawasan Baduy Dalam. Dengan ditemani mereka, sepanjang perjalanan kita juga dapat bertanya-tanya tentang budaya mereka dan bertanya tentang apa saja yang kita lihat sepanjang perjalanan.

7. Kamera dan Barang Elektronik


Jangan sekali-kali berani mengeluarkan kamera dan barang elektronik kita saat memasuki kawasan Baduy Dalam jika tidak ingin dikenai denda dan sanksi adat yang berlaku di sana. Sebelum memasuki Baduy Dalam tour guide lokal biasanya sudah memperingatkan kita untuk tidak menggunakan kamera saat memasuki Baduy Dalam.

Itulah beberapa hal yang perlu kita persiapkan jika ingin mengunjungi Baduy. Dengan persiapan yang matang tentunya akan membuat kita lebih siap dan lebih nyaman dalam melakukan perjalanan.